Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Penerbit : PT. Merdeka Info Nusantara - Nomor AHU : 0031338-AH.01.01 Tahun 2022 - Ujung Pena : 0706220035869

Iklan

Iklan

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2018

10/01/2018 | Senin, Oktober 01, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-10-01T12:10:46Z



Surabaya, Kabanonline.com. - Gubernur Jatim Soekarwo sebagai Inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Provinsi Jawa Timur 2018, di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin, (1/10/2018) pagi.

Soekarwo saat memberi sambutan menuturkan, "Pancasila merupakan lambang kesepakatan yang telah dihasilkan dalam proses sejarah dan kultur masyarakat Indonesia. Para pendiri bangsa duduk bersama - sama merumuskan pancasila sebagai ideologi negara.

“Semua butir dalam sila (1-5) yang ada pada Pancasila berakar pada nilai-nilai yang ada di Indonesia. Nilai-nilai Keyakinan, Budaya, Agama semuanya menjadi satu karena keseluruhannya hasil dari pemikiran besar dan melalui proses yang  cukup panjang,” Tuturnya.


Menurutnya, Pancasila adalah jalan tengah serta pandangan moderat dari berbagai ideologi yang ada. Pancasila sebagai jalan tengah yang mengintegrasikan nilai agama dan kearifan lokal. “Tidak ekstrim kanan dan tidak ekstrim kiri. Pancasila berada di tengah-tengah, inilah yang perlu kita teguhkan,” Terangnya.

Pelaksanaan upacara dihadiri langsung Ketua DPRD Provinsi Jatim Halim Iskandar, unsur TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polda Jatim dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim.

Selain itu diikuti pula para mahasiswa gabungan Poltek Pelayaran, Akademi Keselamatan Penerbangan Surabaya, Universitas Hangtuah Surabaya, Poltek Perikanan dan Kelautan. Kemudian ormas gabungan bela negara yakni Tagana dan Karang Taruna, Menwa gabungan dari Unair, Unesa dan UPN. 

Penulis : Rta

posted from Bloggeroid

×
Media Kaban Online