Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Penerbit : PT. Merdeka Info Nusantara - Nomor AHU : 0031338-AH.01.01 Tahun 2022 - Ujung Pena : 0706220035869

Iklan

Iklan

Kegiatan Kelas Ibu Hamil Wujudkan Ibu Hamil Yang Sehat Di Desa Kayu Bongkok

11/25/2023 | Sabtu, November 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-08T14:32:08Z

Kabupaten Tangerang,Kabanonline.com - Puskesmas Sepatan bersama Bidan Desa dan para Kader Posyandu Desa Kayu Bongkok Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. Melaksanakan kegiatan kelas ibu hamil (BUMIL) difokuskan di Kantor Kepala Desa Kayu Bongkok. Jumat (24/11/2023).


Pada kegiatan tersebut turut hadir Kepala Desa Kayu Bongkok H.Hamdani, petugas kesehatan dari Puskesmas Sepatan,Farida Hariati.SKM Nutrisionist/ahli gizi, Linda Petugas Kesehatan (HIV/AIDS,Shipilis) dari Puskesmas Sepatan, Astri Oktaviani Bidan Desa, serta para Kader Posyandu dan warga yang melaksanakan pemeriksaan ibu hamil.


Adapun kegiatan Posyandu kelas ibu hamil (BUMIL) diantara, edukasi, pemeriksaan kesehatan ibu dan janin, penambah darah, minum bersama,makan bersama.



Kegiatan ini rutin dilakukan setiap sebulan sekali setiap minggu pertama tiap bulannya. Pentingnya posyandu bagi ibu hamil agar dapat memberi pengetahuan terkait kehamilan, persalinan dan masalah yang dialami saat masa kehamilan apa lagi untuk ibu yang baru pertama hamil atau kehamilan pertama.


Menurut, Astri Oktaviani selaku Bidan Desa Tujuan kegiatan kelas ibu hamil (BUMIL) untuk mendeteksi secara dini dan mencari ibu hamil adanya faktor resiko seperti Hemoglobinnya kurang HB.Maka dari itu kita berkolaborasi dengan ibu Linda selaku petugas kesehatan HIV/AIDS,Shipilis) dari Puskesmas Sepatan dalam mendeteksi adakah ibu hamil yang terpapar bukan untuk triple eliminasi saja, melainkan dapat mencegah kematian menurunkan Angka kematian bayi (AKB), angka kematian Ibu (AKI-ibu hamil, melahirkan dan nifas) dan  Stunting," jelasnya.


Astri Oktaviani selaku Bidan Desa berharap Desa Kayu Bongkok Kecamatan Sepatan  " Zero AKI Dan AKB " serta " Zero Stunting." harapan Bidan Desa.


Masih dalam kesempatan yang sama,Farida Hariati.SKM Nutrisionist/ahli gizi dari UPT Puskesamas Sepatan. Mengatakan Asupan makanan bagi ibu hamil juga berpengaruh pada tumbuh kembangnya janin maka dari itu ibu hamil harus tahu dan paham makanan apa saja yang baik dikomsumsi agar kebutuhan asupan nutrisi lengkap dapat diperoleh setiap hari oleh janin dan juga untuk mempersiapkan prosuksi Asi.


Farida Hariati.SKM Nutrisionist/ahli gizi dari Puskesamas Sepatan. Menghimbau untuk para  ibu hamil untuk mengkomsumsi asupan sehat seperti buah - buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, air dan vitamin serta susu ibu hamil, itu penting." jelas Farida Hariati.SKM.


Sementara itu, Kepala Desa Kayu Bongkok H.Hamdani.Mengatakan kegiatan posyandu ini rutin dilaksanakan guna memberikan pelayanan kesehatan dan edukasi kepada warga masyarakat Desa Kayu Bongkok yang memiliki Balita,”kata H.Hamdani.


Lebih lanjut, H.Hamdani menjelaskan Pemerintahan Desa Kayu Bongkok juga memberikan apresiasi kepada Bidan Desa, PKK, para kader posyandu, kader lansia dan balita yang ada di Desa Kayu Bongkok, serta para petugas kesehatan dari Puskesmas Sepatan dalam menjalakan tugasnya di Posyandu dalam menujukkan kesadaran yang tinggi akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat desa."tutup.

×
Media Kaban Online